Cara Membuat Donat Yang Unik Dan Sederhana

Selamat Pagi bunda? DI pagi yang cerah ini kita membuat sesuatu untuk bekal anak dan suami yaat beraktifitas nanti yuk. Pas banget nih bund, di pagi ini saya akan membagikan sedikit resep yang cocok di jadikan bekal buat keluarga tercinta saat beraktifitas nanti. Donat Unik yang satu ini pembuatnnya sangat cepat jadi gak butuh lama bisa di jadikan bekal buat anak sekolah atau suami kerja.

Bahan-bahn yang dipakai untuk membuat donat unik ini sangat sederhana dan simpel banget kok. Proses pembuatannya juga sangat cepat tanpa nunggu lama. Di jamin hasilnya sangat empuk, enak dan mereka pasti suka. Oke langsung aja yuk bund, cara membuat dan bahan-bahan yang di pakai ada di bawah ini:

Cara Mudah Membuat Donat Yang Sederhana Dan Unik Enak Rasanya



Bahan:

  • 25 gram susu bubuk 
  • 100 gram kentang yang dikukus lalu dihaluskan 
  • 1/8 sendok tah garam (cuma sejumput saja) 50 
  • 37,5 gram mentega
  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • ml air dingin
  • 2 buah kuning telur 
  • 5,5 gram ragi instan
  • 50 gram gula halus

Cara Membuat: 

  1. Langkah pertama bunda kukus atau rebus terlebih dahulu kentangnya smapia benar-benar matang lalu di haluskan dan bunda sisihkan. Kemudian biarkan sampai dingin
  2. Setelah itu bunda ayak ragi, gula halus, dan susu bubuk + tepung terigu, Bunda campur hingga benar2 merata. 
  3. Kemudian bunda campurkan kuning telur + kentang pada adonan diatas, Bunda uleni hingga benar2 rata sambil ditambah air secara sedikit demi sedikit sampai airnya benar2 habis. 
  4. Lalu bunda masukan mentega kemudian bunda uleni lagi sampau benar2 merata dan yg terakhir kasih garam kemudian bunda uleni lagi sampai benar2 Kalis.'
  5. Setelah itu bunda diamkan adonannya sampai 30 menit lalu bunda tutup pakai serbet basah supaya nanti lembab atau bisa pakai plastik wrap, sampai adonannya terlihat mengembang.
  6. Dan jika sudah mengembang, bunda bulatkan adonannya secara kecil-kecil saja (Bunda bisa buat menjadi 15 adonan), Setelah itu bunda diamkan lagi kurang lebih sekitar 30 menitan sambil ditutup pakai plastik wrap. (Bunda tidak perlu menusuknya terlebih dahulu tengahnya, nanti saja saat akan digoreng) 
  7. Langkah selanjutnya bunda panaskan minyak pakai api kecil saja, jika sudah panas, bundabisa memasukkan adonan tadi sambil ditusuk tepat di tengahnya lalu bunda putar-putar di penggorengan sebentar saja supaya nanti ada bolong pada tengahnya. 
  8. Apabila terlihat satu sisinya sudah coklat keemasan, bunda bisa langsung dibalik lalu bunda tunggu sisi satunya berwarna coklat keemasan juga.(Bunda tidak perlu membolak balikkannya,cukup sekali saja ya bund). 
  9. Jika sudah matang, bunda bisa sisihkan,Dan bunda tunggu sampai donatnya agak dingin dan bisa dikasih taburan gula halus. Lalu sajikan.
  10. Selamat mencoba