Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Mudah Membuat Kolak Biji Salak Yang Enak Dan Manis

Cara Mudah Membuat Kolak Biji Salak Yang Enak Dan Manis

Pagi bunda? idul fitri sudah di depan mata nih. Hmm... enaknya kalau musim lebaran tentunya sanak keluarga banyak yang mudik ya. Pasa banget nih momennya. Di postingan ini saya akan membagikan resep yang cocok di jadikan menu saat lebaran tiba. Resep Kolak Biji Salak ini memang banyak di gemari orang, apalagi saat lebaran nanti. Pastinya mereka suka banget bund! Rasanya yang manis dan enak ini memang bikin nagih lho. Bahan-bahan yang di butuhkan serta cara membuatnya juga sangat sederhana anti ribet deh di jamin. Dari pada bunda penasaran cara bikinnya dan resepnya, kita cus aja yuk bund. Resep dan cara membuatnya ada di bawah ini


Cara Membuat Bika Ambon Yang Empuk Dan Beda Dari Yang Lain


Bahan:

  • 120 gram tepung tapioka 
  • Larutan Maizena dari Maizena 2 sendok makan ditambah dengan air 100 ml, bunda aduk hingga benar2 rata dan tidak bergumpal lagi.
  • 460 gram ubi wortel atau ubi merah (2 buah ubi) , cuci dan bunda kukus. 
  • 3 sendok makan gula halus
  • 3 sendok makan Gula pasir 
  • Setengah sendok teh garam Gula merah 
  • 125 gram, bisa tambah hingga 150 gram jika memang suka dengan manis. 
  • 2 lembar Pandan 
  • 1200 ml Air 

Cara Membuat : 

  1. Pertama-tama bunda Rebus gula merah, serta gula pasir,  dan juga pandan 1 lembar pakai air sekitar 1,2 liter. 
  2. Setelah itu bunda Aduk2, dan jika gula sudah larut,bunda bisa kecilkan apinya dan masak terus kurang lebih 5 menitan. Lalu Sisihkan. 
  3. Kemudian bunda Buang kulit ubi kukus, dan bunda lumatkan, buang serat2 yang kasar, lalu bunda tambahkan garam, gula halus, kemudian baru bunda ulenin hingga dapat dibentuk. 
  4. Langkah selanjutnya bunda pulung adonan hingga benar2 habis. Setelah itu baru saring air gula dan bunda masak lagi air gula (Bunda bisa tambahkan lagi 1 lembar pandan) hingga benar2 mendidih ya bund!
  5. Lalu kemudian bunda masukan adonan biji salak, masak dengan menggunakan api sedang dan Tunggu hingga biji salaknya mengapung.
  6. Jika sudah  mengapung, maka itu tandanya sudah matang. 
  7. Apabila semua biji salaknya sudah mengapung, baru bunda masukan larutan maizena, dan bunda masak hingga agak mengental (sebentar saja ya bund), lalu bunda matikan apiya
  8. Sajikan pakai santan. Bisa juga tanpa santan (sesuai dengan selera)
  9. Selaamt mencoba!
Posting Komentar
TULIS KOMENTAR