Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Membuat Pecel Santan Tempe Yang Beda Dari Yang Lain

Cara Membuat Pecel Santan Tempe Yang Beda Dari Yang Lain

cara membuat pecel santan tempe

Pecel adalah salah satu masakan khas jawa timur tepatnya berasal dari Ponorogo yang dimakan sajianya terdiri dari bumbu kacang dan berbagai macam jenis sayuran. Pecel sendiri sangat terkenal di yogyakarta dan merupakan salah satu masakan favorit admin karena didalamnya terdapat berbagai macam sayuran yang tentunya sangat sehat untuk tubuh.

Jika bunda tidak ingin repot membuat menu sarapan pagi untuk keluarga, suami dan anak-anak. Pecel satu ini sangat cocok sekali dihidangkan ketika anak mau sekolah atau suami yang akan berangkat kerja karena proses pembuatan pecel sendiri sangatlah cepat dan tidak memakan waktu yang lama. Jika bunda bosan dengan pecel pada umumnya, sekarang kita akan mencoba membuat pecel spesial dan beda dari yang lain, yaitu pecel santan yang juga ada tambahan tempe dan telurnya yang tentunya sangat menggoda sekali selera apalagi di santap saat pagi hari sangat cocok sekali bunda.

Bahan-bahan untuk membuat pecel sendiri sangatlah gampang bunda, dijamin bunda pasti bisa dan tidak membutuhkan bahan yang banyak untuk membuat pecel santan yang satu ini. Untuk proses pembuatnya sendiri juga sangatlah cepat tidak memakan waktu dan tidak akan membuat bunda kewalahan karena anak-anak dan suami yang akan memulai beraktivitas. Bunda wajib mencoba resep pecel santan yang satu ini, dijamin anak-anak dan suami pasti menyukainya. Oke berikut adalah resep pecel santan:


Resep Pecel Santan Tempe Telur Yang Unik Dan Enak

Bahan:

  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 genggam daun kemangi
  • 2 buah telur rebus
  • 6 potong tempe

Bumbu Halus:

  • 150-200 ml santan kental
  • 1 buah Cabe merah besar
  • 2 siung bawang putih
  • Seruas kencur
  • 4-6 buah Cabe rawit
  • Secukupnya kaldu, gula, kaldu jamur (totole) dan garam

Cara Membuat

  1. Langkah pertama bunda siapkan semua bahanya terlebih dulu
  2. Bunda tumis kencur, cabe, serta daun jeruk serta bawang putihnya. Kemudian bunda haluskan. Untuk daun jeruknya bisa bunda iris-iris saja dan bunda menambahkan ketika menumis tempe sebelum kemanginya bunda masukkan.
  3. Berikutnya bunda bisa penyet tempenya dan letakkan diatas bumbu gongso semua diatas kompor lau bunda tambahkan santan serta masukkan irisan daun jeruknya setelah itu bunda aduk sampai merata kemudian bunda bisa menambahkan garam, kaldu jamur, gula, kaldu bubuk.
  4. Apabila bunda sudah melihat agak mendidih, bunda bisa tambahkan kemanginya dan aduk. Pecel santan nya sudah bisa disajikan siap sajikan dan ingat ya bunda jangan lupa untuk menambahkan penyetan telurnya. Oh ya bunda, pecel santan ini juga dapat disandingkan pakai sayur bening ataupun sayur daun kelor. Selamat mencoba.
Posting Komentar
TULIS KOMENTAR