Cara Yang Benar Membuat Kue Kembang Goyang Yang Enak Dan Gurih



Merupakan salah satu jenis kue tradisional khas betawi yang sudah banyak tersebar di seluruh daerah di indonesia karena memiliki rasa yang enak dan gurih. Nama kembang goyang sendiri diambil dari bentuknya yang cantik layaknya kelopak bunga atau kembang dan cara membuatnya digoyang-goyang sampai adonan terlepas dari cetakan. Kue Tradisional ini memang menjadi andalan suguhan saat lebaran.

Berbicara soal Lebaran, sebentar lagi kita memasuki bulan ramadhan bund. Nah bunda bisa menyimpan resep kue yang satu ini untuk dibuat saat lebaran mendatang. Dijamin pengeluaran lebih hemat bund karena bahan-bahan yang digunakan sangat sedikit dan hasilnya bisa banyak.

Untuk proses sendiri juga terbilang cepat, sehingga tidak akan buang-buang gas kompor. Hasilnya sangat enak dan pasti bikin ketagihan. Untuk cara membuat dan bahan-bahan yang dibutuhkan ada sebagai berikut bund:

Resep Kue Kembang Goyang Yang Nikmat Dan Mudah Dibuat

Bahan:

  • 3 sendok makan gula pasir
  • Minyak secukupnya, untuk menggoreng
  • 1/2 sendok teh garam
  • 50 gram tepung tapioka / sagu
  • 2 Butir telur ayam ukuran sedang
  • 175 ml Santan sedang
  • 150 gram tepung beras

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama bunda siapkan terlebih dahulu Cetakan kue kembang goyang dan kemudian bunda mixer bahan: gula + telur sampai benar-benar mengembang tidak perlu sampai kaku. Caranya seperti membuat bolu bund!
  2. Kemudian bunda masukkan: tapioka atau sagu juga bisa, tepung beras, serta garam dan bunda, aduk pakai spatula, tanpa di mixer.
  3. Selanjutnya bunda Masukkan sedikit demi sedikit santan dan bunda aduk secara merata, supaya adonan tidak bergerigi lalu cek kekentalannya.
  4. Bunda panaskan wajan yang sudah ada minyak goreng, menggunakan api kecil saja. Lalu bunda lerakkan cetakan kue kembang goyangnya tepat di atas minyak goreng tersebut.
  5. Apabila wajahnya sudah panas, Sekarang bunda ambil cetakanya kemudian bunda diamkan sebentar saja, lalu secepatnya bunda masukkan atau celupkan cetakan didalam adonan. Ingat ya bund! jangan sampai permukaan cetakan ikut di celupkan juga, supaya nanti adonan tidak menempel pada bagian atas dan ketika ku akan digoreng menjadi susah dan menempel pada cetakan tersebut. Bunda bisa sesegera mungkin untuk mencelupkan cetakan tadi pada minyak panas dan sambil di goyang-goyang, maka nanti kuenya akan terlepas dengan sendirinya.
  6. Yang terakhir Goreng sampai terlihat kuning keemasan, lalu diangkat dan tiriskan.
  7. Bunda bisa melakukan hal yg sama, sampai semua adonan benar-benar sudah habis dan jika sudah dingin, bunda bisa masukkan Kue kembang goyang pada toples yang kedap udara agar tetap renyah saat di makan. Selamat Mencoba!

Posting Komentar