Scroll untuk melanjutkan membaca
Resep Donat Klepon Simpel Dan Sederhana

Resep Donat Klepon Simpel Dan Sederhana

Donat merupakan salah satu makanan atau cemilan khas amerika yang bentuknya bulat dan tengahnya berlobang. Makanan ini sudah mulai ramia di indonesia dan banyak sekali peminatnya karena rasanya yang gak membosankan dan banyak variasi rasa. Nah kali ini saya akan membagikan resep donat klepon lagi bund, tetapi dengan versi yang berbeda dari yang kemarin. 

Donat klepon ini memiliki rasa yang unik dan tidak membosankan bund. Di jamin anak-anak dan suami tercinta pasti menyukainnya. Mumpung sekarang bulan puasa, yuk kita bikin sesuatu yang spesial untuk berbuka nanti dengan menghidangkan donat klepon yang unik ini.

Cara membuat donat kelpon ini sedndiri sangatlah gampang dan tidak bikin ribet. Bahan-bahan yang digunakan juga terbilang sangat sederhana dan simpel. Hasilnya sudah pasti anti gagal dan sangat lezat bikin nagih. Oke langsung saja ya bund cara membuat dan bahan-bahan yang di gunakan ada di bawah ini:


Cara Membuat Donat Klepon Yang Empuk Dan Lembut

Bahan:

  • 140-150 gram cairan tdd: 1 telur (ukuran kecil, putel kurangi sedikit) ditambah dengan air pandan dan susu cair atau bunda bisa menggantinya atau ditambah pasta pandan
  • 5.5 gram ragi instan
  • kelapa parut dan gula merah cair secukupnya
  • 37.5 gram margarin
  • 250 gram terigu protein tinggi
  • 50 gram gula pasir

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama bunda campur gula, terigu, serta ragi kemudian bunda masukkan cairan secara bertahap sambil diuleni sampai benar-benar kalis.
  2. Jika sudah kalis, hentikan cairan (tidak harus dimasukkan semuanya). Bunda uleni terus sampai benar-benar kalis kemudian bunda tambahkan margarin dan diuleni lagi sampai adonan benar-benar kalis elastis.
  3. Kemudian bunda cetak adonan sesuai dengan selera. Bunda bisa menimbang kurang lebih 40gr adonan lalu bulatkan dan lubangi dengan bagian atas spuit.
  4. Bunda Tata donat yg sudah dialasi pakai baking paper yang telah dipotong-potong pada loyang atau nampan lalu ditutup pakai plastik wrap atau serbet lembab dan biarkan hingga mengembang 2x lipat (kurang lebih sekitar 30 menit).
  5. Setelah itu bunda goreng donat pakai minyak banyak dan api sedang - kecil
  6. Kemudian bunda angkat dan donat siap sajikan dengan tambahan taburan kelapa parut + gula merah cair
Posting Komentar
TULIS KOMENTAR