Cara Membuat Es Mambo Jagung Manis Yang Unik Dan Enak

Bulan ramadhan sebentar lagi meninggalkan kita, sedih banget ya bund. Agar puasa di akhir ini menjadi lebih berkesan, yuk kita buat sesuatu yang spesial juga. Nah pas banget momennya bund, kali ini kita akan membuat Es Mambo Jagung Manis yang cocok di jadikan teman saat berbuka nanti. Rasanya yang unik dan enak ini pasti bikin nagih dan anak-anak pasti menyukainnya bund.

Es Mambo sendiri merupakan salah atu olahan beku yang memiliki banyak variasai, tetapi kali ini kita akan membuat yang beda dari lain karena menggunakan bahan jagung manis. Cara membuatnya juga simpel dan cepat tidak bikin repot bund.

Jika bunda ingin berbisnis, Es Mambo Jagung Manis ini juga bisa kok dijadikan bisnis di pasar dadakan seperti pasar ramadhan ini. Pasti bakal laris bund, karena es mambo jagung manis ini selain enak tentu saja bergizi banyak vitaminnnya. OKe langsung saja ya bunda, cara membuat dan bahan-bahan yang dipakai ada di bawah ini:


Cara Pukis Yang Lezat dan Beda Dari Yang Lain

Bahan:

  • 4 tetes pewarna kuning tua merk koepoe2
  • 2 jagung manis (masih mentah, belum direbus atau kukus)
  • 8 sendok makan gula pasir
  • 2 helai daun pandan
  • 2 sendok makan maizena
  • 500 ml susu cair
  • ½ sendok teh garam
  • 500 ml santan

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama bunda Serut jagung manisnya dan blender sampai halus, lalu bunda sisakan 2 sendok makan biji jagung utuh agar nanti ada tekstur jagungnya.
  2. Kemudian bunda campurkan santan, gula + garam, susu cair, serta daun pandan, setelah itu baru Tambahkan jagung halus dan juga jagung utuhnya lalu diaduk sampai merata kemudian baru direbus sampai mendidih. Bunda cek rasa, sesuaikan dengan selera manisnya ya bunda.
  3. Selanjutnya bunda teteskan pewarna kuning tua lalu aduk samapi benar-benar rata.
  4. Lalu bunda Tuangkan maizena yang sebelumnya telah dilarutkan pakai susu cair. Bunda Aduk sampai adonan es mengental dan bunda. Dinginkan.
  5. Bunda Masukkan adonan esnya ke dalam plastik berukuran 6x20 cm, isi sampai 100ml lalu bunda ikat.
  6. Yang terkahir bunda simpan di freezer sampai beku. Dan sajikan jika sudah siap, selamat mencoba!
Note: Kenapa harus pakai maizena? Karena maizena punya peranan penting yaitu untuk melembutkan es. Kalo bunda tidak pakai maizena, nanti esnya bisa keras kaya es batu. Lalu kenapa pakai santan? tidak harus pakai santan bund, bunda bisa menggantinya dengan susu cair juga tidak apa-apa.