Cara Membuat Manisan Belimbing Wulug Yang Enak Dan Beda Dari Yang Lain




Pagi bunda, yuk pada kesempatan kali ini kita mencoba bikin resep amnisan lagi tapi kali ini modifikasi manisannya beda dari yang lain. Manisan belimbing wuluh ini memang sangat di gemari semua orang, karena rasanya yang memang enak manis-manis asam gurih banget. Hasilnya nanti bisa mirip kurma dan di jamin tidak kecewa. Bahan yang kita butuhkan juga terbilang sangat sederhana dan cara bikinnya juga sangat mudah sekali. Oke langsung saja ya bun?


Resep Manisan Belimbing Wulug Cocok Buat Sayur



Bahan:


  • 500 gram pasir
  • 100 ml air endapan kapur sirih
  • 1 kilogram belimbing wuluh yang baru di petik, kalau bisa bunda pilih yang besar-besar buahnya.
  • 500 ml air 



Cara Membuatnya: 



  1. Pertama-tama bunda Cuci belimbing wuluh, kemudian ditiriskan airnya hingga benar-benar sudah kering, kemudian baru bisa pindahkan pada tampah dan bunda memarkan dengan cara di gilas-gilas pakai tangan secara pelan-pelan saja ya bun sampai terlihat memar, jangan sampai lecet. 
  2. Setelah itu baru bunda rendam pakai 1000 ml air dan juga ditambahkan dengan air kapur sirih, 
  3. Bunda rendam kurang lebih sekitar 1 malam biar rasanya tidak terlalu asam. 
  4. Jika sudah di rendam, kemudian baru di cuci hingga benar2 bersih setelah itu tiriskan airnya. Gunakan  Air 500 ml ditambah dengan gula pasir dan masak sampai mendidih + gula mencair dan masukkan belimbing wuluh, bunda aduk-aduk lagi dan bunsa masak hingga benar2 mendidih
  5. Setelah itu baru matikan kompornya, dan diangkat belimbingnya, lalu bunda tunggu sampai air gula sudah dingin, kemudian masukkan lagi belimbingnya dan juga rendam lagi sampai esok hari. 
  6. Dan pada hari besoknya, bunda angkat belimbingnya dari air gula, setelah itu baru panaskan lagi air gulanya sampai benar2 mendidih, dan matikan kompornya
  7. Lalu ditunggu hingga hangat dan masukkan lagi belimbingnya, Dan bunda rendam sampai besok lagi. 
  8. Dan pada besoknya, Baru bisa di angkat lagi belimbingnya dan bunda panaskan juga air gulanya, tunggu dulu sampai benar-benar hangat, baru rendam kembali belimbingnya. ( Bunda bisa lakukan cafra yg sama seperti di atas kurang lebih sekitar 5 hari) 
  9. Dan Setelah 5 hari, bunda angkat dan ditiriskan, kemudian bunda jemur hingga terlihat agak kering atau bunda di susun pada rak kawat, dan di oven pada suhu 60 °c pakai api atas saja ya bun! dan ingat sambil sesekali di bolak balik, agar nantinya bisa merata. 
  10. Bunda Oven sampai warna belimbing wuluhnya terlihat sudah kilat dan terlihat agak hitam dikit, dan bisa diangkat lalu siap untuk di sajikan.
  11. Selamat mencoba!







BAGAIMANA PENDAPAT BUNDA TENTANG RESEP INI?

Posting Komentar