Scroll untuk melanjutkan membaca
Cara Membuat Vanilla Butter Sponge Pancake Yang Enak Dan Mudah

Cara Membuat Vanilla Butter Sponge Pancake Yang Enak Dan Mudah


Pagi bun? kali ini saya akan membagikan resp terbaru lagi nih, namanya Pancake vanilla Butter yang memang menggoda banget bentuk dan teksturnya sangat lembut. Tentu saja semua orang pasti suka , karena rasanya manis-gurih ni mampu getarkan lidah. Oke langsung saja cara membuat dan bahanya seeprti berikut ini:

Resep Vanilla Butter Sponge Pancake Yang Gurih Dan Enak Banget



Bahan : 

  • 40 gram gula halus
  • 50 gram tepung super halus, dan diayak
  • 1/8 sendok teh krim tartar (saya subtistusi pakai air perasan lemon)
  • 50 gram susu full cream (50ml)
  • sedikit garam (hilangkan jika sudah pakai mentega asin)
  • 1 sendok teh ekstrak vanila murni
  • 20 gram minyak sayur (20ml)
  • 20 gram mentega atau buter 
  • 4 putih telur
  • 4 kuning telur (Besar sekitar 65g)



Cara Membuatnya: 

  1. Dalam mangkuk, bunda campurkan bersama kuning telur, garam, ekstrak vanili serta susu.
  2. Kemudian baru Panaskan minyak dan juga mentega sampai gelembung kecil lalu kemudian angkat dari panas dan langusng tuangkan dalam tepung lalu diaduk hingga pasta halus. Tuang ke dalam mangkuk.
  3. Setelah itu baru Tambahkan kuning telur dan juga susu ke dalam campuran kemudian diaduk sampai halus dan mengalir.
  4. Kemudian dimixer dengan cepat, putih telur sampai terlihat berbusa lalu tambahkan krim tartar. Terus kocok hingga busa halus kemudian tambahkan gula secara bertahap lalu di kocok lagi sampai hingga mendekati hardpeak
  5. Kemudian Ambil 1/3 meringue dan aduk di dalam adonan kuning, diaduk dengan pengocok tangan hingga dipadukan. Setelah itu Tambahkan 1/3 bagian lainnya dan diaduk lagi sampai tercampur, Perlu diingat sebelum menambahkan 1/3 akhir dan kemudian pakai spatula untuk mengambil adonannya lewat bawah dan lipat kedalam adonan hingga bentuk adonan kuning tidak terlihat lagi.
  6. Setelah itu baru Tuangkan ke dalam panci yang telah disiapkan, ketuk-ketuk panci dari sisi ke sisi agar udara dapat keluar lalu dipanggang dalam sistem double boil pada suhu 150C selama 50 menit atau bisa sampaimatang. Waktu dan suhunya cuma bersifat indikatif.
  7. Setelah itu baru keluarkan dari oven dan coba bunda dinginkan sebentar sebelum lepas lalu lepaskan kertas sebelum membaliknya lagi.


NB: Jika pada sisi bawah dan terlihat masih basah, kembalikan pada kertas roti dan panggang lagi hingga 2-3 menit lagi dengan menggunakan panas yang sangat rendah.

Posting Komentar
TULIS KOMENTAR